GEMPA

Hai..
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

baru baru ini terjadi gempa di aceh dengan kekuatan yang cukup besar
berikut saya sampaikan cara menanggulangi dan hal-hal yang bisa dilakukan saat GEMPA terjadi

Gempa yang terjadi bisa diakibatkan adanya pergeseran atau patahan lempengan bumi di dalam tanah, gunung meletus, tanah longsor, atau bahkan ada gempa yang terjadi karena ledakan bom.

Berikut ini adalah hal-hal yang disarankan ketika gempa terjadi :
  1. Posisikan diri di tempat yang aman. Untuk menghindari terkena reruntuhan, jangan berlari keluar bangunan ketika bangunan tergoyang, jauhi sumber-sumber api disekitar tempat, berlindunglah di kolong meja atau tempat tidur.
  2. Jika berada di dalam gedung tinggi, jauhi jendela jangan berada di sisi tembok. berlindung di bawah meja di dekat pilar atau tembok bagian dalam. jangan gunakan lift atau elevator yang justru bisa macet dan membuat menumpangnya terjebak.
  3. Jika sedang berada di luar rumah, carilah lapngan terbuka, jauhi bangunan, tiang listrik, atau gedung yang bisa menimpa anda. demikian pula jika sedang mengendarai kendaraan, berhentilah perjalanan di temat yang aman. hindari posisi di bawah jembatan, di jalan layang, dekat bangunan, dibawah pohon, papan reklame, tiang listrik, lampu lalu lintas, lampu penerangan jalan. tetaplah berada di dalam kendaraan smapai gempa berhenti.
  4. waspadi pula kemungkinan tanah longsor jika di tanah perbukitan dan terlebih lagi jika berada di pantai, waspada terhadap kemungkinan bahaya tsunami, lebih baik segera angkat kaki dari pantai.
Setelah gempa terjadi langkah selanjutnya tergantung di mana posisi berada. jika di dalam rumah, sebaiknya segera keluar dengan tetap berhati-hati agar terkena reruntuhan. jika di luar rumah, sebaiknya sebaiknya jangan buru-buru masuk rumah. pastikan lebih dulu bahwa gempa tidak akan terjadi lagi.gunakan sepatu atau alas kaki yang kuat untuk menghindari pecahan kaca, paku, dan reruntuhan bangunan lainnya. jika ada yang luka segera belikan obat luka. dan yang terluka parah harus dicarikan pertolongan ambulan atau tenaga medis yang memadai agar tidak salah penangan. waspadailah terhadap kemungkinan terjadi sumber api dari listrik, ledakan gas, atau sumber-sumber api lainnya. kumpulkan makanan yang masih dapat diselamatkan untuk persiapan sebelum datang bantuan.

rahmamaghfira

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com

Instagram