Liburan Produktif dengan Magang di Kompas Muda!

~ cerita magang kompas muda.


Oke, 
Assalamu'alaikum!

Buat kalian yang kelas X atau XI disaranin banget nih buat baca sampe abis, terutama yang hobinya nulis, fotografi dan desain! dan buat kalian-kalian yang mau ngisi liburannya dengan hal baru nan asyik. 

semoga cerita ini bermanfaat ya!

~Tahapan Seleksi

Singkat cerita tahun 2018 gue mendapatkan informasi mengenai kegiatan magang ini dari instagram temen gue. dan langsung lah gue kepoin tuh kegiatannya. dan ternyataa gue langsung semangat banget buat ikutan, secara itu kegiatan pas lagi libur, jadi gausah repot-repot bikin surat ijin sekolah  lagi,hehe.
Dan pas banget buat anak-anak SMA/SMK sederajat yang kelas X sama XI yang lagi bingung-bingungnya nyari tempat buat nyalurin bakat yang pas dan asik yang tentunya produktif. Dan satu lagi yang paling penting buat anak-anak SMA yg keuangannya masih bergantung sama orang tua, kegiatannya Free guys dari awal sampe akhir! hehe, bayangin dong kegiatan gratis tapi kalian bakal dapet banyak banget ilmu dan pengalaman yang tak ternilai harganya.

Hasil gambar untuk magang kompas muda 2018
sumber : instagram @KompasMuda
Lanjut. lalu gue pun langsung buka web kompas muda buat daftar magang. Di tahap pertama seleksi kalian bakal ngisi data diri gitu, dan memilih mau ikutan magang di bagian apa serta menuliskan alasan menurut kalian mengapa kalian harus dipilih menjadi magangers kompas muda, sama mencantumkan satu karya kalian yang kalian pilih.

Singkat cerita lagi, gue pun mengisi data diri dan memilih menjadi desainer grafis. agak gatau diri sebenrnya, secara skill desain gue cuman berbekal photoshop doang dan itu pun masih amatir, wkwk. Tapi ya namanya usaha kan ya coba aja dulu, urusan dapet enggaknya mah belakangan. dan gue pun mencantumkan poster keputrian rohis sekolah gue waktu itu.

Dan dari 600 an orang yang daftar di saring deh tuh jadi 100 an untuk dipanggil ke tahap kedua yaitu tahap wawancara ke gedung kompas lantai 5, Alhamdulilah gue dipanggil wawancara, dan disuruh bawa cv, print out karya. Jujur gue ga pernah sama sekali punya pengalaman wawancara magang atau kerja beginian, deg-deg an banget pas hari H.

Dalam benak gue pasti bakal ditanya seputar per'desain'an gitu, gue pun coba-coba searching sedikit-sedikit tentang illustrator sama corel, tapi ya tetep aja gue masih ga terbiasa dengan mereka. gue pun berdo'a semoga wawancaranya lancar dan ga ditanya yang susah-susah.

Ternyata semua benak gue salah besar, wawancaranya berasa ngobrol aja, antara guenya yang ke pede an atau emang pewawancaranya yang asik sih wkwk, tapi yang jelas proses wawancara ga se tegang yang gue kira. lagi-lagi ya namanya usaha harus dilakuin dengan maksimal, iya ga?

Jeng-jeng, hari pengumuman pun tiba, level deg-deg an gue pun makin bertambah dari pas wawancara, gatau kenapa tapi yang gue rasain gitu, kayak ada perasaan 'takut' ga lolos. tapi hasil dari semua usaha dan do'a ya, alhamdulillah gue lolos, dan bisa ikut magang!

~Cerita Magang
Sebenernya kalau diceritain semua rangkaian kegiatan bakal panjang banget ceritanya, makanya gue singkt aja ya. Jadi di hari pertama itu ada tim building gitu, bakal fun games dan main seru-seruan pokoknya.

Foto bersama setelah games, sumber : Kompas Muda
Keseruan games hari pertama, sumber : Kompas Muda

Lalu dilanjut hari kedua dengan pembagian kelompok, dan tugas. hari ketiga di ajarin sama mba dan mas yang super keren di bidangnya. terus di hari-hari selanjutnya (mohon maaf ini gak urut sesuai waktu jelasinnya) setiap kelompok dikasih tugas buat liputan secara langsung. terus presentasi laporan hasil liputan, keliling gedung kompas, ke bagian litbang, perpustakaan kompas, di ajak melihat koran pertama kompas sampe yang diterbitin sekarang ada! banyak bgt, terus keliling menara kompas, ngeliat secara langsung suasana kantor harian kompas. Dan ngerasaain ngejar-ngejar deadline dan laporan yang super duper mengangkan wkwk.

Harian Kompas terbitan pertama, sumber: dok. prbadi

Magangers batch X di ajak ke LITBANG Kompas, sumber: dok. pribadi


Melihat suasana kerja di kantor Harian Kompas, sumber: dok. pribadi


Terjun langsung untuk liputan ke lapangan bersama kelompok masing-masing, sumber: dok. pribadi

Disana gue ketemu keluarga baru bernama EKAMATRA, yaitu nama angkatan magangersbatch X



Pokoknya kegiatannya seru banget, dan gabisa gue ceritain satu persatu, di kegiatan ini juga gue ketemu banyak banget temen baru yang seru-seru dengan berbagai macam sifatnya. Jadi kegiatan ini sangat di rekomendasikan bagi adik-adik kelas yang merasa dirinya sangat gabut saat liburan tahun ini! Oh iya, serunya lagi, gue jadi nambah pengalaman ngerasain gimana kerja dateng pagi pulang malem naik kereta bogor-palmerah yang penuhnya bukan main. Dan pengalaman seru lainnya!

Sekian,
semoga bermanfaat,
kurang lebihnya mohon maaf,
Wassalamu'alaikum!

















rahmamaghfira

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com

Instagram